Cara Mudah Melakukan Custom ROM di HP Android Tanpa PC

Cara Mudah Melakukan Custom ROM di HP Android Tanpa PC – Dengan berkembangnya duni digital seperti saat ini tentunya perangkat android menjadi salah satu kebutuhan sehari – hari pasalnya dengan perangkat tersebut kita bisa menikmati fitur – fitur yang ada di dalamnya. Meskipun android terbilang canggih namun selalu saja masalah kerap terjadi misalnya pada sistem android yang harus melakukan custom ROM atau biasa di sebut dengan flashing di HP android, memang ada beberapa hal yang membuat harus mengcustom ROM hal ini di sebabkan untuk melakukan upgrade pada HP android atau juga meningkatkan downgrade os di perangkat android yang anda miliki.

Alangkah baiknya sebelum anda malakukan custom ROM di perangkat android yang anda miliki terlebih dahulu and harus back up HP android anda hal ini bertujuan supaya file atau dokumen seperti kontak, galleri, foto atau video yang ada di dalamnya tetap tersimpan dan tidak terhapus atau hilang. Selain itu kode atau nomor IMEI di HP android juga harus anda simpan karena IMEI adalah merupakan identitas dari HP android tersebut, cara melakukan custom ROM memang cukup mudah kita bisa melakukannya tanpa harus menggunakan perangkat lain seperti PC atau laptop, maka dari itu anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai karena kami akan memberikan trik dan langkahnya sebagai berikut.

Cara Mudah Melakukan Custom ROM di HP Android Tanpa PC

Trik Cara Custom ROM di Smartphone Android Menggunakan ROM Manager

Download Custom ROM | Download

1.Pertama anda bisa mendownload aplikasi ROM Manager yang sudah kami sediakan link downloadnya di atas.

2.Setelah itu bisa anda gunakan aplikasi ROM Manager yang anda gunakan untuk HP android anda.

3.Kemudian anda bisa untuk memasang di HP android anda dengan cara menginstall aplikasi tersebut.

4.Apabila proses install sudah selesai anda bisa untuk membuka aplikasi ROM Manager di HP android anda, dan pilih Flash CockworkMod Recovery pada aplikasi custom ROM.

5.Lalu anda harus memilih model dari HP android yang anda gunakan, jika HP android anda tidak ada dalam daftar model anda bisa melewati langkah tersebut yang mana nantinya aplikasi akan melakukan reboot dan flash CWM model HP android anda.

6.Pada aplikasi ROM Manager sudah tersedia juga layanan untuk membackup data sebelum anda melakukan custom ROM, dengan cara memilih Backup Current ROM lalu Backup ROM Now.

7.Setelah itu anda harus melakukan backup rom berikan nama pada hasil backup anda kemudian pilih OK.

8.Disini Anda akan diminta izin akses root (super user), pilih Allow apabila anda mengizinkan aplikasi untuk membackup data anda pilih Allow, anda bisa tunggu sampai proses selesai karena lamanya waktu untuk membackup data tergantung pada banyaknya file data di HP android yang anda miliki.

9.Jika proses membackup data di android selesai, anda bisa membuka kembali aplikasi ROM Manager pada menu dan pilihlah Install ROM from SD Card.

10.Setelah proses dari custom rom selesai, lalu anda cari file yang berformat *.zip setelah anda memilih file tersebut nantinya akan muncul tampilan popup data anda bisa memilih Wipe Data and Cache dan juga Wipe Dalvik Cache.

11.Langkah selanjutnya pilih OK untuk melakukan proses reboot secara otomatis dan saat aplikasi menyala maka HP android anda akan melakukan custom ROM dan tunggu hingga proses mengcustom ROM selesai.

12.Jika sudah selesai masukan data akun untuk melakukan registrasi seperti berupa username nama email gmail dan juga password, Maka selesai sudah.

Baca juga

Saran dari kami pastikan sebelum anda melakukan custom ROM anda bisa mengontrol kondisi baterai pada HP android anda jangan sampai pada saat melakukan custom ROM HP anda kehabisan baterai. Mungkin hanya itu saja dari kami di pertemuan kali ini, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Cara Mudah Melakukan Custom ROM di HP Android Tanpa PC | Admin | 4.5